Sel Darah Putih Manusia (Leukosit)

Hai sobat blogger kali ini saya akan menulis tentang ilmu pengetahuan yaitu sel darah putih pada manusia. Berbeda dengan del darah merah, sel darah putih memiliki bentuk yang tidak tetap atau bersifat amuboid dan mempunyai inti sel. Jumlah sel darah putih juga tidak sebanya sel darah merah. setiap satu milimeter kubik darah mengandung sekitar 8.000 sel darah putih. Fungsi utama sel darah putih adalah melawan penyakit yang masuk kedlam tubuh kitadan membentuk antibodi. Peningkatan jumlah leukosit merupakan petunjuk adanya infeksi. Jika jumlah Leukosit sapai dibawah 6.000 sel per CC darah, disebut Leukopeni. Jika Jumlah Leukosit melebihi normal (diatas 9.000 sel per CC) maka disebut Leukositosis. 
Berdasarkan ada atau tidaknya butir-butir kasar (granula) dalam sitoplasma, leukosit dapat dibedakan menjadi granulosit dan agranulosit. Granulosit merupakan kelompok sel  darah putih yang mempunya granula dalam sitoplasmanya. sebaliknya Agranulosit tidak mempunyai granula. Leukosit jenis granulosit terdiri dari eosinofil, basofil, dan netrofi. Agranulosit terdiri atas limfositdan monosit. Agar kamu dapat membedakan dengan baik karakteristiknya berikut saya uraikan dibawah :
  1. Granulosit 
  • Eusinofil : Mengandung granula berwarna merah, berfungsi pada reaksi alergi, terutama infeksi cacing.
  •  Basofil : Mengandung granula berwarna biru, berfungsi pada reaksi alergi
  • Netrofil : Disebut juga sel PMN (Poly morpho nuclear). berfungsi sebagai pagosit (menyerang patogen).
  1. Agranulosit
  • Limfosit : Terdiri atas dua sel yaitu Sel T dan B keduanya berfungsi untuk imunitas dan kekebalan tubuh 
  • Monosit : Leukosit yang berukuran paling besar berfungsi mencerna sel-sel mati atau rusak dan memberikan perlawanan imunologis atau kekebalan. 
Nah, Bagaimana teman-teman seperti itu rupanya sel darah putih didalam tubuh kita dan fungsinya pun sangat penting sekali bagi kita. 

Referensi : Kemdikbud

Artikel Terkait

Sel Darah Putih Manusia (Leukosit)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email