TIPS MUDIK ASYIK DAN SELAMAT


illustrasi pemudik

Haloo sobat, Alhamdulillah bulan suci Ramadhan telah memasuki hari ke 25. Dan dengan demikian sebentar lagi kita akan memasuki suatu budaya yang biasa orang Indonesia lakukan yaitu tradisi Mudik. Mudik merupakan suatu perjalanan dari kota tempat kita bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari menuju kampung halaman nan jauh disana ciee… Nah tradisi ini memang sudah rutin dilakukan diindonesia. Biasa nya para pemudik ini menggunakan beberapa alat transportasi seperti : Kereta Api, Pesawat Terbang, Kapal Laut, Bus,Mobil Pribadi, Sepeda Motor, Bajaj. Nah dari beberapa alat transportasi diatas saya mau kasih tips nih untuk masing-masing alat transportasi supaya kita aman, nyaman dan selamat.

Yang pertama :
1.       Pemudik dengan  Transportasi umum (Bus, Kereta Api,Pesawat,Kapal laut).
Bagi pemudik yang memilih menggunakan transportasi umum, supaya dipersiapkan nih dari mulai pemesanan tiket. Nah pemesanan tiket ini baiknya dibuat dulu perencanaan jauh hari sebelum keberangkatan supaya tiketnya tersedia dan juga harganya tidak naik. Stelah tiket didapat baru lah kita siapkan apa saja barang yang mau dibawa. Nah saran saya untuk barang-barang ini cukup yang diperlukan saja ya. Mungkin sedikit ditambah oleh-oleh. Soalnya kalau kita kebanyakan membawa barang hawatir kita akan kelelahan dan juga dibuat stress harus menjaga barang tersebut. Jadi ya sesuaikan saja, beda dengan kendaraan pribadi yang bebas kita. Hehehehe..  lalu ketika dalam perjalanan berhati-hatilah, jika dibandara maupun kereta api jangan terlalu mepet yaa check in nya. Bisa-bisa nanti malah ketinggalan. Bersikap tenanglah saat masuk kedalam kendaraan. Budayakan antri dan jangan tergesa-gesa karena diera digital ini tidak mungkin kursi kita tertukar. Pasti kita dapat tempat duduk. Persiapkan camilan-camilan supaya tidak sembarangan membeli makanan apalagi di Bus. Yaa bukan suudzon ya tapi jaga-jaga demi kebaikan kita.

Yang Kedua :
2.       Pemudik dengan Transportasi Pribadi (Sepada motor, Mobil, bajaj)
Yang kedua pemudik menggunakan kendaraan pribadi, untuk transportasi ini utamanya siapkan dulu kesiapaan kendaraan anda. Check kesiapan mesin, ban, oli lampu dll. Kedmudian setelah kendaraan disiapkan mulai lah siapkan barang-barang yang akan dibawa. Bagi pengguna kendaraan sepeda motor disarankan untuk tidak membawa barang berlebih. Apalagi sampai bonceng tiga ataupun membawa anak-anak. Karena disamping membahayakan kesehatan juga keselamatan kita terancam. Beristirahatlah sekitar 2 jam sekali. Supaya menghindari rasa lelah dan mengantuk. Tertiblah berlalu lintas. Tidak boleh melawan arus ataupun berkendara terlalu ngebut. Kita harus ingat bahwa kita sedang mudik bukan balap ya . hehe.. bagi pengguna mobil pribadi harap untuk disiapkan antisipasi kemacetan dengan membawa bekal makanan, minuman, bensin yang full kemudian dijaga kesehatan masing-masing supaya tidak terjadi hal yang fatal ditengah perjalanan. Kemudian pantau terus nih aktivitas jalur mudik dengan melihat berita-berita baik streaming maupun social media supaya kita mendapat informasi terupdate mengenai jalur-jalur yang macet.

Bagaimana sobat sudah siap untuk mudik asyik ?? pasti siap yaa. Nah dari tips mudik diatas jangan lupa ya supaya memeriksa dulu keamanan rumah. Jangan lupa cek arus listrik, kompor didapur, kamar-kamar, kran air, dan nyalakan lampu luar. Bagi yang mempunyai tetangga yang tidak mudik kita kabari saja dan minta bantu untuk melihat-lihat rumah selama kita mudik.  Nah sobat admin mendoakan semoga mudik nya lancer, bisa bertemu dengan keluarga di kampung dan bisa kembali ke kota dengan selamat. Aamiiin Tak lupa saya ucapkan Minalaidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin selamat hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H.

Artikel Terkait

TIPS MUDIK ASYIK DAN SELAMAT
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email